Diperlukan penataan regulasi Komunitas Adat Terpencil (KAT) merupakan rekomendasi terpilih dari Penelitian Kebijakan Pemberdayaan Sosial Komunitas Adat Terpencil yang dilaksanakan oleh Puslitbangkesos tahun 2013. Hal tersebut didasari bahwa Keputusan Presiden Nomor 111 tentang Pembinaan Komunitas Adat Terpencil belum mengakomodasi perkembangan masyarakat dan kebutuhan KAT.

Hal tersebut disampaikan oleh Drs. Suradi, M.Si Peneliti Utama Puslitbangkesos Kementerian Sosial pada saat Diseminasi hasil penelitian yang diselenggarakan oleh Puslitbangkesos dengan Direktorat Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil di KAT Center Salemba tanggal 8 Mei 2014. Menurut Kapuslitbangkesos DR. Dwi Heru Sukoco, M.Si kegiatan diseminasi hasil penelitian ini menggunakan pola baru, yaitu langsung ke Direkorat yang terkait dengan penelitian.

Pihak Direktorat KAT, diwakili oleh Kasubdit. Kerjasama dan Evaluasi Pelaporan menyampaikan apresiasi terhadap hasil penelitian ini. Sebagai tindaklanjut dari hasil peneitian ini maka Direktorat KAT akan menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan penyusunan Renstra KAT tahun 2015-2019 dan Penyusunan RKAKL.

Untuk mendapatkan buku hasil penelitian silahkan download disini